Jumat, 06 Januari 2012

PERKEMBANGAN DUNIA KOMPUTER



A.     Background Dunia Komputer
Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor matematika Inggris, Charles Babbage (1791-1871). Tahun 1812, Babbage memperhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika:mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan; sedang matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertentu. Masalah tersebut kemudian berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan mekanik. Usaha Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaan differensil. Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis. Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun, Babbage tiba-tiba terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine.
Perkembangan selanjutnya, muncul apa yang disebut Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, computer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW. Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dn John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang menjadi cikal bakal komputer PC yang ada sekarang ini.
B.     Komputer Saat Ini
Bagaimana kita mencapai kekayaan komputer sekarang ini? Pada waktu sebelumnya, tidak terdapat keaneka ragaman jenis; semua komputer dianggap sama suatu waktu, 8 perusahan berbeda pada Amerika manufactured computers. Univac yang telah memimpin terlebih dahulu dalam perkomputeran akan tetapi kemudian dikalahkan IBM. (kemudian Univac menjadi bagian dari Sperry, yang bergabung dengan penjual komputer yang lain yaitu Burroughs, untuk mendirikan perusahaan UNISYS). IBM menjadi penjual dominan di Amerika dan di luar negeri, industri komputer terkadang digambarkan seperti "IBM dan tujuh kurcaci" pada tahun 1950an dan awal tahun 1960an, tidak ada perusahan seperti Apple, Digital Equipment corporation (DEC), dan Compaq. RCA dan General Electric membuat komputer yang sama, akhirnya mengambil pencoretan besar mereka meninggalkan bisnis minikomputer dan penjual utama menggulung dari perubahan dramatis.
C. Komputer Wizard
Tidak setiap aplikasi membutuhkan kekuatan prosesing dari komputer personal; sebagai tambahan, alat komputer kecil seperti Wizard menjadi semakin kuat setiap harinya. Brooklyn Union Gas memiliki sekitar 100 Wizard yang digunakan untuk tugas yang berbeda-beda.
Dalam satu aplikasi pelayanan kostumer mewakili penggunaan Wizard untuk membimbing kostumer melalui beberapa peraturan yang diminta ketika mereka mengatur suatu laporan. Seorang analisis menulis ulang suatu aplikasi yang digunakan pada PC dalam BASIC yang dapat menjalankan Wizard.
Di Merck & Co. Beberapa eksekutif menggunakan Wizard sebagai penyelenggara personal, untuk laporan pengeluaran,dan rencana rapat. Perusahaan bekerja pada suatu aplikasi yang akan menolong menejer-menejer farmasi Amerika Latin dalam menjalankan teritori penjualan mereka. Sekarang, Wizard adalah IBM PC asli yang kuat yang muncul di tahun 1981, dalam perbandingan biaya/tampilan dari "komoditi" keping (chip) prosesor melawan sistem berdasarkan hak milik rancangan sirkuit.
D.             Macam-Macam Model Komputer
1.      Personal digital assistant (PDA/ Asisiten digital personal)
Alat untuk membantu individu dengan menyimpan catatan, rekaman, dan komunikasi dengan yang lain. Harga: $500 sampai $2000
2.       Personal komputer (komputer personal)
Komputer dekstop tujuan umum yang menggunakan 32 bit microprosesor. Harga: $500 sampai $4000.
3.      Server. Server adalah kapasitas disk besar digunakan untuk mengatur jaringan komputer personal. Harga: $3000 sampai $15000
4.       Workstation
Komputer tampilan tinggi 32 bit digunakan oleh para insinyur, ilmuan dan ahli tehnik profesional yang membutuhkan workstation grafik superior. Biasanya digunakan rancangan tambahan komputer, menawarkan tampilan minikomputer tetapi hanya melanyani satu orang satu station disimpan pada meja atau sebelah meja dan menghubungkan worksation yang lain dalam suatu jaringan. Harga: $5000 sampai $100.000
5.       Midrange(minikomputer)
Kategori mesin ini dapat menangani kebutuhan umum lebih dari 100 orang, yang pada umumnya bekerja pada kabel terminal komputer. Besarnya Minikomputer kira-kira sebesar 2 atau 4 kabinet file gambar, beberapa sering dihubungkan untuk meningkatkan jaringan perusahaan, seperti jaringan yang menggantikan mainframe. Harga: $50.000 sampai $1 juta.
6.      Komputer mainframe
Komputer bertujuan umum yang melayani ratusan atau ribuan pengguna, semua diikat pada sekumpulan pusat prosesing data. Mainframe pada umumnya lebih tipis dan kecil dari pada Volkswagen Beetle dan memerlukan ruangan yang diatur secara atmosfir. Mainframe pada umumnya menangani kebutuhan prosesing utama pada perusahaan besar. Walaupun banyak pelanggaran oleh jaringan mini komputer dan PC, mainframe meninggalkan hasil pokok pada pusat prosesing yang besar. Harga: tidak lebih dari $5 juta.
Perkembangan dari mainframe
 Pada Komputer pertama yang dikembangkan adalah mainframe yang lebih besar, mesin yang bertujuan umum. Di awal industri komputer, hanya satu yang dapat menjalankan kelompok pada komputer mainframe. Banyak organisasi yang telah mengembangkan banyak aplikasi pada komputer mainframe; pada saat ini jenis mesin seperti itu digunakan untuk mendukung beberapa teminal dan interakting komputer personal dengan database besar yang menampung milyaran karakter data. Komputer mainframe oleh banyak pengguna digunakan dengan luas untuk proses transaksi dan memelihara akses data penting
7.       Superkomputer
Superkomputer termasuk pada komputer tercepat saat ini, dengan ukuran kecepatan dalam 100 megaflop (megaflop adalah pelaksanaan dari satu juta intruksi gerak-poin per detik) lebih cepat dari gigaflop (satu miliyar intruksi gerak-poin per detik). Beberapa perusahaan mencoba untuk mencapai mesin teraflop mesin yang mampu untuk melaksanakan satu triliun intruksi per detik!
Dunia komputer tercepat, digunakan dalam ilmu pengetahuan, ilmu tehnik, dan penelitian untuk tantangan prosesing yang paling sulit, seperti ramalan cuaca, rata-rata superkomputer tidak lebih besar daripada mainframe tetapi kemasan prosesor yang lebih cepat lebih dekat dihubungkan untuk memberikan kecepatan hitungan yang besar. Beberapa perusahaan atau organisasi sering membagi waktu pada satu superkomputer untuk menghasilkan harga tinggi dari mesin ini. Harga: $ijuta samapi $30 juta.
8.      Komputer paralel tinggi
Tipe komputer yang relatif baru yang menggunakan 16 sampai 64.000 prosesor (sebagai perbandingan, superkomputer memiliki 1 sampai 8 prosesor cepat). Prosesor dibagi dan bekerja sendiri pada potongan besar dari masalah yang besar. Excel komputer paralel pada program dengan benyak operasi bebasa yang dapat diselesaikan pada waktu yang bersamaan; mereka menyesuaikan kecepatan superkomputer pada sebagian kecil dari biaya/harga, karena superkomputer tidak dapat dipisahkan pada secepat mana mereka dapat mendapatkan data dari memori, mesin paralel yang menyimpan memori pada setiap mikroprosesor menjadi penampilan alternatif yang lebih baik. Harga: kurang dari $100.000 sampai $5 juta.
9.      Komputer Personal telah merubah segalanya
Kedatangan selanjutnya adalah PC atau komputer personal, yang pertama kali dirancang sebagai komputer 8-bit; Apple memperkenalkan PC di tahun 1977. IBM PC yang asli, dipasarkan pada tahun 1981, mengambil 8 bit di waktu yang sama dari memori tetapi menampilkan 16 bit dari waktu yang sama pada perhitungan. IBM segera memperkenalkan AT, yang mengambil dan memproses16 bits pada waktu yang sama, generasi selanjutnya adalah komputer PC 32 bit pada waktu yang sama atau 386 (kemudian 486 juga) yang mengambil dan memproses 32 bit pada waktu yang sama. Chip terbaru, pentium adalah chip yang mampu untuk mengambil dan memproses 64 bit pada waktu yang sama.
Chip (kepingan)
Semua komputer saat ini menggunakan penggabungan chip sirkuit, ukuran kecil (5 mm sampai 10 mm pada suatu sisi) yang secara umum dibuat pada silikon yang memuat jutaan transistor. Ada logik chip untuk CPU dan chip memori untuk menyimpan data; chip memori sering ditunjukkan dengan DRAMS (dynamic random-Access memory chips= chip memori akses acak dinamik). Chip ini bertanggung jawab untuk kekuatan komputer modern; sekarang ini jutaan komponen dibuat pada chip. Chip prosesor intel 486, memiliki 1,2 juta transistor sedangkan Pentium sebagai generasi selanjutnya setelah 486 memiliki lebih dari 5 juta transistor
 Ukuran memori. Memori lebih akan sering membuat program besar  melaksanakan lebih cepat. Hal ini sangat penting ketika menggunakan penghubung grafik dimana kamu memiliki lebih dari satu program yang diisi pada waktu yang bersamaan.

E. GENERASI KOMPUTER
Teknologi telah ditingkatkan untuk memperoleh suatu tren yang penting, akan sangat membantu untuk melihat perbedaan generasi komputer yang telah dilewati. Karena 20 tahun pertama hanya komputer mainframe yang diproduksi .FIGUR 8-4 model dasar sistem komputer mainframe. model umum dari komputer mainframe. Salah satu perbedaan penting antara komputer mainframe dan komputer personal adalah tidak adanya arsitektur bus. Mainframe kebanyakan dilengkapi dengan hubungan langsung antara CPU dan memori; data tidak melewati lewati dan dilanjutkan ke bus. Arsitektur bus lebih mengenal modul dilihat dari mudahnya alat-alat yang berbeda untuk dihubungkan ke bus. Pada waktu sebelumnya arsitektur bus lebih lambat dan mainframe membutuhkan koneksi langsung untuk kecepatan.
Ciri khas komputer mainframe dimulai dengan satu preosesor. Sekarang mainframe sudah lazim menggunakan kepemilikan rangkaian perintah (rangkaian perintah yang secara umum dikhususkan dan diatur oleh penjual) dan perangkat lunak yang memiliki bermacam-macam prosesor. Bermacam-macan prosesor ini bagi pemilik hak arsitektur penjual seperti IBM merupakan hal yang relatif kecil, untuk pesanan 2 atau 4 per komputer.
Agar dapat memelihara peran dari mainframe dan untuk memberikan kekuatan prosesing yang beberapa aplikasi perlukan, perusahaan-perusahan komputer sedang dalam proses menemukan kembali mainframe. Idenya adalah untuk membuat mesin mainframe-class yang dikeluarkan dari sejumlah chip yang murah. Contohnya, komputer mainframe-class dar Hewlett-Packard (HP) dan DEC sekelompok fitu-fitur dari microprosesor cepat sebagai lawan dari rancangan biasa IBM 370 prosesor mainframe arsitektur. Mesin HP dan DEC menjual sekitar $10.000 kecepatan per juta instruksi per detik(MIPS) dibandingkan dengan mainframe IBM pada $30.000 samapi $80.000 per MIPS.
Organisasi menggunakan komputer mainframe umum yang memproses jumlah besar dari data. Komputer mungkin bisa mengakses database dengan miliyaran karakter data dan mengatur jaringan ratusan atau ribuan terminal. Sebagai hasilnya, komputer dibutuhkan untuk dapat menangani banyak aktivitas komunikasi dan operasi input/output.
Mainframe biasanya memiliki channel data, yang memiliki kekuatan yang sama dengan CPU pada komputer yang lebih kecil. Channel data menerima perintah dari CPU, contohnya, mengambil kembali data dari file disk. Sementara data channel sibuk CPU melanjutkan ke pekerjaan lainnya. ketika channel data selesai, kemudian menyela CPU bahwa data telah tersedia. CPU kemudian me-restart programnya telah disela bahwa program ini lebih penting dan lebih tinggi dari pada program lain yang menunggu untuk dijalankan.
Hanya dengan komputer personal, pengatur unit pada mainframe bertugas untuk menghubungkan komputer, dalam hal ini channel data dengan alat menyimpan dan I/O yang berbeda. Arsitektur ini telah menciptakan komputer mainframe sangat cepat, yang digunakan dalm database, prosesing perintah, dan aplikasi hitungan yang lain.
F. Sejarah singkat
Ahli komputer sering menyatakan tentang generasi komputer yang berbeda, secara umum setiap generasi sama-sama memperkenalkan komputer baru dan teknologi perangkat keras yang jelas beda dengan yang terdahulu. Generasi yang berturut-turut juga telah di tandai dengan perubahan tampilan yang dramatis. Setiap generasi baru telah membuktikan peningkatan cepat dari kecepatan hitungan dan menyimpan lebih banyak dengan harga lebih rendah daripada peralatan dulu. Generasi komputer juga dapat dikarakteristikan dengan perubahan perangkat lunak.
Generasi Komputer pertama dikarakteristikan dengan komponen vaccum-tube (tabung vakum) dan perputaran memori. Salah satu yang paling populer adalah seperti model IBM 650.
Generasi kedua komputer menggunakan komponen-komponen transistor untuk pusat prosesing unit dan inti magnetik untuk memori. Channel data muncul di generasi ini, sejalan dengan fitur khusus untuk meningkatkan kecepatan CPU. Komputer pada awalnya digunakan sistem komersial on-line yang melibatkan komunikasi dan untuk sistem pembagian waktu, dimana pengguna diberikan kemampuan hitungan yang menarik melalui terminal.
Generasi ketiga perangkat keras komputer dikarakteristikan dengan lebih banyaknya sirkuit monolitik dan miniaturisasi (banyaknya komponen elektronik pada chip) untuk pusat prosesing unit. Banyak fitur CPU untuk meningkatkan pekerjaan ditambahkan dalam generasi ini. Mesin generasi ke tiga membuatnya lebih mudah untuk meningkatkan aplikasi on-line yang membutuhkan kemampuan telekomunikasi.
Generasi ketiga berkembang dalam satu setengah melalui penggunaan teknologi semikonduktor untuk memori utama dalam beberapa mesin. Konsep yang dikembangkan dari pembagian waktu yang disebut "virtual memory" telah juga diimplementasi melalui fasilitas perangkat keras spesial.
Generasi komputer ke empat dikarakteristikan oleh sangat besar, memori semikonduktor yang cepat, ukuran kecil, dan kebutuhan tenaga yang lebih kecil. Mesin generasi keempat dirancang untuk memudahkan pengembangan dari aplikasi on-line dan fasilitas penggunaan database yang besar.
Gudang sekunder
Secara umum gudang sekunder merujuk pada peralatan menyimpan yang harus diakses melalui channel data atau bus; Cpu tidak dapat melaksanakan data atau perintah langsung dari peralatan meyimpan. Ada beberapa alasan penggunaan gudang sekunder. Pertama, kita sering tidak mampu memiliki cukup memori utama untuk memproses data dalam jumlah besar. Beberapa aplikasi memiliki file yang memuat milyaran karakter data, dan dapat membebani melebihi kapasitas dari memori utama yang tersedia saat ini.
Meskipun kita memiliki cukup memori utama dan secara fisik dapat membebankannya pada komputer kita, kita tidak akan menginginkan untuk mengisinya dengan data. Banyak program menggunakan memori utama, masing-masing memproses datanya. Jika kita selalu menyimpan semua data untuk satu aplikasi dalam memori, maka kita harus memberikan seluruh komputer atau bagian khusus dari komputer hanya untuk aplikasi itu. Oleh karena itu, kita tidak mau menyimpan data yang tidak diperlukan di memori utama. Peralatan gudang sekunder menyediakan kemampuan penyimpatan yang fleksibel untuk data dan program.
Secara umum, biaya karakter penyimpanan menurun sejalannya waktu; ada peralatan yang lebih cepat dengan harga lebih. Sebagai catatan CPU dan memori beroperasi pada kecepatan kurang dari 20 nanosecond (10ˉ seconds), kebanyakan peralatan gudang sekunder memiliki akses waktu dalam jarak milisecond (10ˉ³ seconds) atau mendekati jutaan kali lebih lambat dari memori utama. Ketika komputer harus mengakses data pada gudang sekunder pemakai harus menunggu lebih lama daripada jika data tersebut ada di memori utama.
Gudang akses langsung mengacu pada kemampuan alat untuk melokasikan penyimpanan informasi dimanapun pada gudang akses langsung secara kasar dalam waktu yang sama. Gudang akses langsung cocok dengan gudang percontohan, dimana semua data disusun dalam perintah dan alatnya harus dapat discan dalam perintah tersebut untuk menemukan informasi yang spesifik. Alat gudang sekunder yang paling cepat disuusn dari semikonduktor dan tidak memiliki bagian yang dipindahkan. Perputaran memori seperti disket dan disk lebih lambat dan kurang dipercaya karena komponen mekanik nya..
Pita magnetik adalah salah satu media penyimpanan yang paling tertua. Data disimpan dalam rangkaian pita; untuk mendapatkan kembali informasi, kita harus mencari rata-rata setengah dari pita. Pita magnetik, murah dan menyediakan penyimpanan off-line dan backup yang cocok.
Salah satu dari alat penyimpanan yang terbaru adalah disk optik. Saat ini, disk ini memuat ratusan dari jutaan karakter pada lempeng yang dapat dipindah menyerupai disk audio padat. Ada beberapa dari disk optik; dapat dihabuskan, CD-ROM, dan WORM. WORM (write once, read many=sekali menulis,banyak membaca) dan disk CD-Rom yang megijinkan pemakai menulis informasi yang tidak dapat dirubah; pemakai dapat membaca datanya berulang-ulang kali. Seperti disk yang digunakan secara intensif dalam gambaran sistem prosesing dimana dokumen itu discann dan di gambaran digitized "burned" pada disk optik. Tipe penyimpanan (gudang) ini baik untuk beberapa data seperti statistik sejarah pada pasar persediaan atau ensiklopedia on-line. Agar dapat berguna untuk penyimpanan tujuan umum; disk optik harus dapat dihapus beberapa kali seperti drive yang penggunaannya tersedia dan menyebar luas dalam tahun-tahun berikutnya.
Untuk menggunakan komputer subnotebook dan notebook, industri komputer telah mengembangkan kartu kecil yang dapat diisi kedalam stop kontak pada mesin ini. Tipe penyimpanan ini disebut kartu PCMCIA. Sayangnya, ada tiga perbedaan yang dirasakan dari kartu ini dan semuanya hanya cocok dengan arah atas (stop kontak tipe II akan mengambil kartu tipe I, tapi tidak sebaliknya). Masing-masing pelepasan yang berurutan telah berubah sedikit lebih besar untuk mengakomodasi fungsi yang lebih. Contohnya seseorang dapat membeli sebuah modem pada kartu. Kartu tipe ke tiga, yang paling tebal sat ini, akan digunakan untuk hard disk miniatur.
G. Peralatan I/O
Komputer memproses data dalam ukuran waktu milyaran per detik; dibandingan dengan kecepatan internal ini, mendapatkan data dari dan ke komputer sangat lambat. Tabel 8-2 berisi tentang daftar beberapa peralatan input/output yang biasa.
Input dan output
Keyboard kebanyakan pemakai berinteraksi langsung dengan sistem, menggunakan keyboard ketika menyediakan input komputer. Banyak dari interaksi tersebut diselesaikan melalui sebuah terminal "dumb", yaitu terminal yang mampu untuk mengirim dan menerimadata dari komputer. Komputernya biasanya mini atau mainframe komputer, dan terminal memiliki logika perangkat keras yang sangat kecil; yang hanya dapat menampilkan data tidak memprosesnya.
PC sebagai terminal secara meningkat, komputer personal telah digunakan sebagi terminal. Menjalankan program yang menyamai sebuah terminal- yaitu yang membuat PC muncul seperti terminal- pemakai bekerja dengan komputer tersendiri. Kenapa menggunakan kekuatan komputer personal untuk aplikasi sederhana? Ada beberapa alasan. Pertama, pengguna memiliki komputer personal di mejanya untuk bekerja; menjadikannya sebagai terminal berarti hanya satu alat yang dibutuhkan. Hal ini juga memungkinkan, menggunakan program yang sedikit berbeda untuk mendownload data dari mainframe atau minikomputer sehingga data dapat dianalisa menggunakan program pada komputer personal. Perusahaan-perusahaan juga mendistribusikan beberapa prosesing untuk aplikasi ke PC, contohnya, mereka mungkin memiliki komputer personal yang menyediakan pengguna alat penghubung data dan mengirim data ke mainframe.
Di dalam lingkungan klien server, pengguna berinteraksi langsung dengan server menggunakan kemampuan penuh dengan workstation lokal mereka.
Layar sentuh Teknologi ini menyediakan alternatif yang baik bagi pemakai ketika memasukan data ke keyboard dibatasi. Dengan menyentuhkan jari dia ke layar, pengguna mengidentifikasi pilihan apa yang diinginkannya. Bank dapat menggunakan layar sentuh untuk ATM. Pabrik memiliki layar sentuh bagi seorang operator untuk mengatur test pada mesin kualitas kontrol. American Stock Exchange menggunakan layar sentuh untuk memasukan beberapa jenis kutipan. Jenis input ini cocok ketika ada sejumlah informasi kecil yang harus dimasukan, khususnya ketika tidak mau menggunakan keyboard.
Mouse Pengguna PC sering bekerja dengan alat input yang disebut mouse, dengan memerintahkan kursor disekitar layar; menekan tombol di mouse mengirimkan perintah-perintah ke program. Mouse adalah bagian penting dari jalur komputer Macintosh dari Apple. Alat penghubung dari mesin ini menonjolkan objek-objek di layar yang disebut icon; menempatkan kursor pada suatu icon dan menekan tombol di mouse untuk memilih item, yaitu menghasilkan perintah yang ditandai dengan icon. Tipe alat penghubung ini disebut object-oriented (objek orientasi) dan alat ini telah meningkat dengan populer.
Peralatan output
·                    Printer laser
Alat output yang paling sesuai untuk komputer personal adalah printer laser. Alat ini memprint secara umum dengan resolusi 300 dpi dan menghasilkan output kualitas huruf . proses print laser mirip dengan tekhnologi fotocopy dan prin laser ini sangat cepat jik adibandingkan dengan tehnik alternatif untuk memeperoleh output hard-copy dari komputer. Minis dan Mainframejuga dapat menggunakan prin laser, alat berkecepatan tinggi ini mencetak (print) 30 sampai 40 halaman per menit; banyak output dari komputer proses transaksi diselesaikan menggunakan print laser. Laser menawarkan bermacam-macam ukuran dan jenis dari print dan menghasilkan output kualitas tinggi.
·                    printer impact (Impact printer)
Printer impact yang ditemukan di banyak PC cenderung lebih murah dibandingkan printer laser. Printer titik-matrix sebenarnya membuat cetakan/tiruan pada kertas; palu menekan kabel melawan pita untuk mencetak suatu karakter. Makin banyak kabel dalam matrix, semakin tinggi kualitas cetakan karakter. Printer impact yang lainnya sebenarnya memiliki peluru karakter seperti mesin tik. Printer impact kecepatan tinggi untuk mainframe berkekuatan mencetak 2000 garis per menit. Untuk komputer personal, printer impact lebih lambat dari pada printer laser, tetapi printer impact lebih murah dibandingkan printer laser.
·                    Printer nonimpact (nonimpact printer)
Printer laser adalah printer nonimpact yang menghasilkan satu halaman pada waktu yang sama. Ada printer nonimpact lain yang menonjolkan keanekaragaman tekhnologi. Salah satu tipe printer yang menyemburkan pancaran tinta pada kertas untuk membentuk karakter. Printer nonimpact yang lain menggunakan kertas termal (yang berkenaan dengan panas) dan menghasilakn karakter dengan memanskan titik untuk menampilkan karakter.
Suara Output suara telah tersedia selam bertahun-tahun. Bank terkadang menyediakan pertanyaan on-line tentang neraca rekening; mencocokkan nomor rekening seseorang kemudian menghasilkan tanggapan audio dari neraca rekening. Output suara digunakan intensif untuk informasi telepon. Operator informasi mengindikasi angka yang ditampilkan pada terminal adalah angka yang benar, dan komputer menghasilkan tanggapan suara. Operator bebas untuk menjawab panggilan yang lain sementara pesan pertama diputar.  Grafik Pengguna komputer personal sering menggunakan mesin mereka untuk menyiapkan presentasi. Alat output grafik menyalakan display komputer kedalam output presentasi. Alat sederhana yang digunakan adalah plotter; plotter menggambar teks dan gambar pada kertas atau transparansi untuk presentasi. Untuk menghasilkan 35mm tampilan, alat output mampu untuk menyalin gambar layar pada film fotografik.
                                                            RANGKUMAN
Perkembangan ilmu komputer dan teknologi atau dikenal dengan IT, semakin maju. semenjak dirintis pertama kali oleh Babbage sebagai bapak komputer pertama kali. dari yang berukuran besar dan berton-ton beratnya sekarang komputer bisa dibawa kemana-mana malahan ada yang bisa dimasukan kedalam saku mirip handpone dan bisa akses internet. zaman terus berubah seperti proses hidup karena hiduop sendiri adalah proses dan proses akan terus berlanjut sepanjang masa, berganti generasi namun berkesinambungan.
Sumber:
komputer elektronik sudah meningkatkan dengan nilai yang tidak masuk akal. Sekarang ini komputer desktop memiliki kekuatan lebih dari pada komputer generasi pertama yang mengisi setiap ruangan. Biaya perangkat keras komputer terus menurun sebagai terobosan komputer dalam kelanjutan fabrikasi komponen. Pengguna telah kelimpahan komputer yang berbeda-beda untuk dipilih. Sebagi tambahan, terdapat bermacam-macam persediaan tekhnologi untuk input data ke komputer, untuk menyimpan data, dan untuk menampilakn output dari mesin. Seorang menejer harus memahami beberapa dari alternatif ini agar dapat mengevaluasi dan memilih arsitektur IT untuk perusahaannya ketika merancang aplikasi IT yang khusus.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar