A.
Background Dunia Komputer
Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor
matematika Inggris, Charles Babbage (1791-1871). Tahun 1812,
Babbage memperhatikan kesesuaian alam antara mesin
mekanik dan matematika:mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan
tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan; sedang matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertentu.
Masalah tersebut kemudian berkembang hingga menempatkan
mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan
mekanik. Usaha Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin untuk
melakukan perhitungan persamaan differensil. Mesin
tersebut dinamakan Mesin Differensial. Dengan menggunakan
tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis. Setelah
bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun,
Babbage tiba-tiba terinspirasi untuk memulai membuat
komputer general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine.
Perkembangan selanjutnya, muncul apa yang disebut Electronic
Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat
oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat
dan University
of Pennsylvania.
Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan
5 juta titik solder, computer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW. Komputer ini dirancang
oleh John Presper Eckert (1919-1995) dn John W. Mauchly
(1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna
(general purpose computer) yang menjadi cikal bakal komputer PC yang ada sekarang ini.
B. Komputer Saat Ini
Bagaimana
kita mencapai kekayaan komputer sekarang ini? Pada waktu sebelumnya, tidak
terdapat keaneka ragaman jenis; semua komputer dianggap sama suatu waktu, 8
perusahan berbeda pada Amerika manufactured computers. Univac yang telah
memimpin terlebih dahulu dalam perkomputeran akan tetapi kemudian dikalahkan
IBM. (kemudian Univac menjadi bagian dari Sperry, yang bergabung dengan
penjual komputer yang lain yaitu Burroughs, untuk mendirikan perusahaan
UNISYS). IBM menjadi penjual dominan di Amerika dan di luar negeri, industri
komputer terkadang digambarkan seperti "IBM dan tujuh kurcaci" pada
tahun 1950an dan awal tahun 1960an, tidak ada perusahan seperti Apple,
Digital Equipment corporation (DEC), dan Compaq. RCA dan General Electric
membuat komputer yang sama, akhirnya mengambil pencoretan besar mereka
meninggalkan bisnis minikomputer dan penjual utama menggulung dari perubahan
dramatis.
C. Komputer Wizard
Tidak
setiap aplikasi membutuhkan kekuatan prosesing dari komputer personal;
sebagai tambahan, alat komputer kecil seperti Wizard menjadi semakin kuat
setiap harinya. Brooklyn Union Gas memiliki sekitar 100 Wizard yang digunakan
untuk tugas yang berbeda-beda.
Dalam
satu aplikasi pelayanan kostumer mewakili penggunaan Wizard untuk membimbing
kostumer melalui beberapa peraturan yang diminta ketika mereka mengatur suatu
laporan. Seorang analisis menulis ulang suatu aplikasi yang digunakan pada PC
dalam BASIC yang dapat menjalankan Wizard.
Di
Merck & Co. Beberapa eksekutif menggunakan Wizard sebagai penyelenggara
personal, untuk laporan pengeluaran,dan rencana rapat. Perusahaan bekerja
pada suatu aplikasi yang akan menolong menejer-menejer farmasi Amerika Latin
dalam menjalankan teritori penjualan mereka. Sekarang, Wizard adalah IBM PC
asli yang kuat yang muncul di tahun 1981, dalam perbandingan biaya/tampilan
dari "komoditi" keping (chip) prosesor melawan sistem berdasarkan
hak milik rancangan sirkuit.
D.
Macam-Macam
Model Komputer
1.
Personal digital assistant (PDA/ Asisiten digital
personal)
Alat untuk membantu individu dengan menyimpan catatan, rekaman, dan komunikasi dengan yang lain. Harga: $500 sampai $2000
2.
Personal komputer (komputer personal)
Komputer
dekstop tujuan umum yang menggunakan 32 bit microprosesor. Harga: $500 sampai
$4000.
3.
Server. Server adalah kapasitas disk besar digunakan
untuk mengatur jaringan komputer personal. Harga: $3000 sampai $15000
4.
Workstation
Komputer tampilan tinggi 32 bit digunakan oleh para insinyur, ilmuan dan ahli tehnik profesional yang membutuhkan workstation grafik superior. Biasanya digunakan rancangan tambahan komputer, menawarkan tampilan minikomputer tetapi hanya melanyani satu orang satu station disimpan pada meja atau sebelah meja dan menghubungkan worksation yang lain dalam suatu jaringan. Harga: $5000 sampai $100.000
5.
Midrange(minikomputer)
Kategori
mesin ini dapat menangani kebutuhan umum lebih dari 100 orang, yang pada
umumnya bekerja pada kabel terminal komputer. Besarnya Minikomputer kira-kira
sebesar 2 atau 4 kabinet file gambar, beberapa sering dihubungkan untuk
meningkatkan jaringan perusahaan, seperti jaringan yang menggantikan
mainframe. Harga: $50.000 sampai $1 juta.
6.
Komputer mainframe
Komputer bertujuan umum yang melayani ratusan
atau ribuan pengguna, semua diikat pada sekumpulan pusat prosesing data.
Mainframe pada umumnya lebih tipis dan kecil dari pada Volkswagen Beetle dan
memerlukan ruangan yang diatur secara atmosfir. Mainframe pada umumnya
menangani kebutuhan prosesing utama pada perusahaan besar. Walaupun banyak
pelanggaran oleh jaringan mini komputer dan PC, mainframe meninggalkan hasil
pokok pada pusat prosesing yang besar. Harga: tidak lebih dari $5 juta.
Perkembangan
dari mainframe
Pada Komputer pertama yang dikembangkan
adalah mainframe yang lebih besar, mesin yang bertujuan umum. Di awal
industri komputer, hanya satu yang dapat menjalankan kelompok pada komputer
mainframe. Banyak organisasi yang telah mengembangkan banyak aplikasi pada
komputer mainframe; pada saat ini jenis mesin seperti itu digunakan untuk
mendukung beberapa teminal dan interakting komputer personal dengan database
besar yang menampung milyaran karakter data. Komputer mainframe oleh banyak
pengguna digunakan dengan luas untuk proses transaksi dan memelihara akses
data penting
7. Superkomputer
Superkomputer termasuk pada
komputer tercepat saat ini, dengan ukuran kecepatan dalam 100 megaflop
(megaflop adalah pelaksanaan dari satu juta intruksi gerak-poin per detik)
lebih cepat dari gigaflop (satu miliyar intruksi gerak-poin per detik).
Beberapa perusahaan mencoba untuk mencapai mesin teraflop mesin yang mampu
untuk melaksanakan satu triliun intruksi per detik!
Dunia komputer tercepat, digunakan
dalam ilmu pengetahuan, ilmu tehnik, dan penelitian untuk tantangan prosesing
yang paling sulit, seperti ramalan cuaca, rata-rata superkomputer tidak lebih
besar daripada mainframe tetapi kemasan prosesor yang lebih cepat lebih dekat
dihubungkan untuk memberikan kecepatan hitungan yang besar. Beberapa
perusahaan atau organisasi sering membagi waktu pada satu superkomputer untuk
menghasilkan harga tinggi dari mesin ini. Harga: $ijuta samapi $30 juta.
8.
Komputer
paralel tinggi
Tipe komputer yang relatif baru
yang menggunakan 16 sampai 64.000 prosesor (sebagai perbandingan,
superkomputer memiliki 1 sampai 8 prosesor cepat). Prosesor dibagi dan
bekerja sendiri pada potongan besar dari masalah yang besar. Excel komputer
paralel pada program dengan benyak operasi bebasa yang dapat diselesaikan
pada waktu yang bersamaan; mereka menyesuaikan kecepatan superkomputer pada
sebagian kecil dari biaya/harga, karena superkomputer tidak dapat dipisahkan
pada secepat mana mereka dapat mendapatkan data dari memori, mesin paralel
yang menyimpan memori pada setiap mikroprosesor menjadi penampilan alternatif
yang lebih baik. Harga: kurang dari $100.000 sampai $5 juta.
9.
Komputer Personal telah merubah segalanya
Kedatangan selanjutnya adalah PC
atau komputer personal, yang pertama kali dirancang sebagai komputer 8-bit;
Apple memperkenalkan PC di tahun 1977. IBM PC yang asli, dipasarkan pada
tahun 1981, mengambil 8 bit di waktu yang sama dari memori tetapi menampilkan
16 bit dari waktu yang sama pada perhitungan. IBM segera memperkenalkan AT,
yang mengambil dan memproses16 bits pada waktu yang sama, generasi
selanjutnya adalah komputer PC 32 bit pada waktu yang sama atau 386 (kemudian
486 juga) yang mengambil dan memproses 32 bit pada waktu yang sama. Chip
terbaru, pentium adalah chip yang mampu untuk mengambil dan memproses 64 bit
pada waktu yang sama.
Chip (kepingan)
Semua komputer saat ini
menggunakan penggabungan chip sirkuit, ukuran kecil (5 mm sampai 10 mm pada
suatu sisi) yang secara umum dibuat pada silikon yang memuat jutaan
transistor. Ada
logik chip untuk CPU dan chip memori untuk menyimpan data; chip memori sering
ditunjukkan dengan DRAMS (dynamic random-Access memory chips= chip memori
akses acak dinamik). Chip ini bertanggung jawab untuk kekuatan komputer modern;
sekarang ini jutaan komponen dibuat pada chip. Chip prosesor intel 486,
memiliki 1,2 juta transistor sedangkan Pentium sebagai generasi selanjutnya
setelah 486 memiliki lebih dari 5 juta transistor
Ukuran memori. Memori lebih akan sering
membuat program besar melaksanakan
lebih cepat. Hal ini sangat penting ketika menggunakan penghubung grafik
dimana kamu memiliki lebih dari satu program yang diisi pada waktu yang
bersamaan.
E. GENERASI KOMPUTER
Teknologi telah ditingkatkan untuk
memperoleh suatu tren yang penting, akan sangat membantu untuk melihat
perbedaan generasi komputer yang telah dilewati. Karena 20 tahun pertama
hanya komputer mainframe yang diproduksi .FIGUR 8-4 model dasar sistem
komputer mainframe. model umum dari komputer mainframe. Salah satu perbedaan
penting antara komputer mainframe dan komputer personal adalah tidak adanya
arsitektur bus. Mainframe kebanyakan dilengkapi dengan hubungan langsung
antara CPU dan memori; data tidak melewati lewati dan dilanjutkan ke bus.
Arsitektur bus lebih mengenal modul dilihat dari mudahnya alat-alat yang
berbeda untuk dihubungkan ke bus. Pada waktu sebelumnya arsitektur bus lebih
lambat dan mainframe membutuhkan koneksi langsung untuk kecepatan.
Ciri khas komputer mainframe
dimulai dengan satu preosesor. Sekarang mainframe sudah lazim menggunakan
kepemilikan rangkaian perintah (rangkaian perintah yang secara umum
dikhususkan dan diatur oleh penjual) dan perangkat lunak yang memiliki
bermacam-macam prosesor. Bermacam-macan prosesor ini bagi pemilik hak
arsitektur penjual seperti IBM merupakan hal yang relatif kecil, untuk pesanan
2 atau 4 per komputer.
Agar dapat memelihara peran dari
mainframe dan untuk memberikan kekuatan prosesing yang beberapa aplikasi
perlukan, perusahaan-perusahan komputer sedang dalam proses menemukan kembali
mainframe. Idenya adalah untuk membuat mesin mainframe-class yang dikeluarkan
dari sejumlah chip yang murah. Contohnya, komputer mainframe-class dar
Hewlett-Packard (HP) dan DEC sekelompok fitu-fitur dari microprosesor cepat
sebagai lawan dari rancangan biasa IBM 370 prosesor mainframe arsitektur.
Mesin HP dan DEC menjual sekitar $10.000 kecepatan per juta instruksi per
detik(MIPS) dibandingkan dengan mainframe IBM pada $30.000 samapi $80.000 per
MIPS.
Organisasi menggunakan komputer
mainframe umum yang memproses jumlah besar dari data. Komputer mungkin bisa
mengakses database dengan miliyaran karakter data dan mengatur jaringan
ratusan atau ribuan terminal. Sebagai hasilnya, komputer dibutuhkan untuk
dapat menangani banyak aktivitas komunikasi dan operasi input/output.
Mainframe biasanya memiliki
channel data, yang memiliki kekuatan yang sama dengan CPU pada komputer yang
lebih kecil. Channel data menerima perintah dari CPU, contohnya, mengambil
kembali data dari file disk. Sementara data channel sibuk CPU melanjutkan ke
pekerjaan lainnya. ketika channel data selesai, kemudian menyela CPU bahwa
data telah tersedia. CPU kemudian me-restart programnya telah disela bahwa
program ini lebih penting dan lebih tinggi dari pada program lain yang
menunggu untuk dijalankan.
Hanya dengan komputer personal,
pengatur unit pada mainframe bertugas untuk menghubungkan komputer, dalam hal
ini channel data dengan alat menyimpan dan I/O yang berbeda. Arsitektur ini
telah menciptakan komputer mainframe sangat cepat, yang digunakan dalm
database, prosesing perintah, dan aplikasi hitungan yang lain.
F. Sejarah singkat
Ahli komputer sering menyatakan
tentang generasi komputer yang berbeda, secara umum setiap generasi sama-sama
memperkenalkan komputer baru dan teknologi perangkat keras yang jelas beda
dengan yang terdahulu. Generasi yang berturut-turut juga telah di tandai
dengan perubahan tampilan yang dramatis. Setiap generasi baru telah
membuktikan peningkatan cepat dari kecepatan hitungan dan menyimpan lebih
banyak dengan harga lebih rendah daripada peralatan dulu. Generasi komputer
juga dapat dikarakteristikan dengan perubahan perangkat lunak.
Generasi
Komputer pertama
dikarakteristikan dengan komponen vaccum-tube (tabung vakum) dan perputaran memori.
Salah satu yang paling populer adalah seperti model IBM 650.
Generasi
kedua komputer
menggunakan komponen-komponen transistor untuk pusat prosesing unit dan inti
magnetik untuk memori. Channel data muncul di generasi ini, sejalan dengan
fitur khusus untuk meningkatkan kecepatan CPU. Komputer pada awalnya
digunakan sistem komersial on-line yang melibatkan komunikasi dan untuk
sistem pembagian waktu, dimana pengguna diberikan kemampuan hitungan yang
menarik melalui terminal.
Generasi
ketiga perangkat keras
komputer dikarakteristikan dengan lebih banyaknya sirkuit monolitik dan
miniaturisasi (banyaknya komponen elektronik pada chip) untuk pusat prosesing
unit. Banyak fitur CPU untuk meningkatkan pekerjaan ditambahkan dalam
generasi ini. Mesin generasi ke tiga membuatnya lebih mudah untuk
meningkatkan aplikasi on-line yang membutuhkan kemampuan telekomunikasi.
Generasi ketiga berkembang dalam
satu setengah melalui penggunaan teknologi semikonduktor untuk memori utama
dalam beberapa mesin. Konsep yang dikembangkan dari pembagian waktu yang
disebut "virtual memory" telah juga diimplementasi melalui
fasilitas perangkat keras spesial.
Generasi
komputer ke empat
dikarakteristikan oleh sangat besar, memori semikonduktor yang cepat, ukuran
kecil, dan kebutuhan tenaga yang lebih kecil. Mesin generasi keempat
dirancang untuk memudahkan pengembangan dari aplikasi on-line dan fasilitas
penggunaan database yang besar.
Gudang
sekunder
Secara umum gudang sekunder
merujuk pada peralatan menyimpan yang harus diakses melalui channel data atau
bus; Cpu tidak dapat melaksanakan data atau perintah langsung dari peralatan
meyimpan. Ada
beberapa alasan penggunaan gudang sekunder. Pertama, kita sering tidak mampu
memiliki cukup memori utama untuk memproses data dalam jumlah besar. Beberapa
aplikasi memiliki file yang memuat milyaran karakter data, dan dapat
membebani melebihi kapasitas dari memori utama yang tersedia saat ini.
Meskipun kita memiliki cukup
memori utama dan secara fisik dapat membebankannya pada komputer kita, kita
tidak akan menginginkan untuk mengisinya dengan data. Banyak program
menggunakan memori utama, masing-masing memproses datanya. Jika kita selalu
menyimpan semua data untuk satu aplikasi dalam memori, maka kita harus
memberikan seluruh komputer atau bagian khusus dari komputer hanya untuk
aplikasi itu. Oleh karena itu, kita tidak mau menyimpan data yang tidak
diperlukan di memori utama. Peralatan gudang sekunder menyediakan kemampuan
penyimpatan yang fleksibel untuk data dan program.
Secara umum, biaya karakter
penyimpanan menurun sejalannya waktu; ada peralatan yang lebih cepat dengan
harga lebih. Sebagai catatan CPU dan memori beroperasi pada kecepatan kurang
dari 20 nanosecond (10ˉ seconds), kebanyakan peralatan gudang sekunder
memiliki akses waktu dalam jarak milisecond (10ˉ³ seconds) atau mendekati
jutaan kali lebih lambat dari memori utama. Ketika komputer harus mengakses
data pada gudang sekunder pemakai harus menunggu lebih lama daripada jika
data tersebut ada di memori utama.
Gudang akses langsung mengacu pada
kemampuan alat untuk melokasikan penyimpanan informasi dimanapun pada gudang
akses langsung secara kasar dalam waktu yang sama. Gudang akses langsung
cocok dengan gudang percontohan, dimana semua data disusun dalam perintah dan
alatnya harus dapat discan dalam perintah tersebut untuk menemukan informasi
yang spesifik. Alat gudang sekunder yang paling cepat disuusn dari
semikonduktor dan tidak memiliki bagian yang dipindahkan. Perputaran memori
seperti disket dan disk lebih lambat dan kurang dipercaya karena komponen
mekanik nya..
Pita magnetik adalah salah satu
media penyimpanan yang paling tertua. Data disimpan dalam rangkaian pita;
untuk mendapatkan kembali informasi, kita harus mencari rata-rata setengah
dari pita. Pita magnetik, murah dan menyediakan penyimpanan off-line dan backup
yang cocok.
Salah satu dari alat penyimpanan
yang terbaru adalah disk optik. Saat ini, disk ini memuat ratusan dari jutaan
karakter pada lempeng yang dapat dipindah menyerupai disk audio padat. Ada beberapa dari disk
optik; dapat dihabuskan, CD-ROM, dan WORM. WORM (write once, read many=sekali
menulis,banyak membaca) dan disk CD-Rom yang megijinkan pemakai menulis
informasi yang tidak dapat dirubah; pemakai dapat membaca datanya
berulang-ulang kali. Seperti disk yang digunakan secara intensif dalam
gambaran sistem prosesing dimana dokumen itu discann dan di gambaran
digitized "burned" pada disk optik. Tipe penyimpanan (gudang) ini
baik untuk beberapa data seperti statistik sejarah pada pasar persediaan atau
ensiklopedia on-line. Agar dapat berguna untuk penyimpanan tujuan umum; disk
optik harus dapat dihapus beberapa kali seperti drive yang penggunaannya
tersedia dan menyebar luas dalam tahun-tahun berikutnya.
Untuk menggunakan komputer
subnotebook dan notebook, industri komputer telah mengembangkan kartu kecil
yang dapat diisi kedalam stop kontak pada mesin ini. Tipe penyimpanan ini
disebut kartu PCMCIA. Sayangnya, ada tiga perbedaan yang dirasakan dari kartu
ini dan semuanya hanya cocok dengan arah atas (stop kontak tipe II akan
mengambil kartu tipe I, tapi tidak sebaliknya). Masing-masing pelepasan yang
berurutan telah berubah sedikit lebih besar untuk mengakomodasi fungsi yang
lebih. Contohnya seseorang dapat membeli sebuah modem pada kartu. Kartu tipe
ke tiga, yang paling tebal sat ini, akan digunakan untuk hard disk miniatur.
G. Peralatan I/O
Komputer memproses data dalam
ukuran waktu milyaran per detik; dibandingan dengan kecepatan internal ini,
mendapatkan data dari dan ke komputer sangat lambat. Tabel 8-2 berisi tentang
daftar beberapa peralatan input/output yang biasa.
Input dan output
Keyboard kebanyakan pemakai
berinteraksi langsung dengan sistem, menggunakan keyboard ketika menyediakan
input komputer. Banyak dari interaksi tersebut diselesaikan melalui sebuah
terminal "dumb", yaitu terminal yang mampu untuk mengirim dan
menerimadata dari komputer. Komputernya biasanya mini atau mainframe
komputer, dan terminal memiliki logika perangkat keras yang sangat kecil;
yang hanya dapat menampilkan data tidak memprosesnya.
PC sebagai terminal secara
meningkat, komputer personal telah digunakan sebagi terminal. Menjalankan
program yang menyamai sebuah terminal- yaitu yang membuat PC muncul seperti
terminal- pemakai bekerja dengan komputer tersendiri. Kenapa menggunakan
kekuatan komputer personal untuk aplikasi sederhana? Ada beberapa alasan. Pertama, pengguna
memiliki komputer personal di mejanya untuk bekerja; menjadikannya sebagai
terminal berarti hanya satu alat yang dibutuhkan. Hal ini juga memungkinkan,
menggunakan program yang sedikit berbeda untuk mendownload data dari
mainframe atau minikomputer sehingga data dapat dianalisa menggunakan program
pada komputer personal. Perusahaan-perusahaan juga mendistribusikan beberapa
prosesing untuk aplikasi ke PC, contohnya, mereka mungkin memiliki komputer
personal yang menyediakan pengguna alat penghubung data dan mengirim data ke
mainframe.
Di dalam lingkungan klien server,
pengguna berinteraksi langsung dengan server menggunakan kemampuan penuh dengan
workstation lokal mereka.
Layar sentuh Teknologi ini menyediakan
alternatif yang baik bagi pemakai ketika memasukan data ke keyboard dibatasi.
Dengan menyentuhkan jari dia ke layar, pengguna mengidentifikasi pilihan apa
yang diinginkannya. Bank dapat menggunakan layar sentuh untuk ATM. Pabrik
memiliki layar sentuh bagi seorang operator untuk mengatur test pada mesin
kualitas kontrol. American Stock Exchange menggunakan layar sentuh untuk
memasukan beberapa jenis kutipan. Jenis input ini cocok ketika ada sejumlah
informasi kecil yang harus dimasukan, khususnya ketika tidak mau menggunakan
keyboard.
Mouse Pengguna PC sering bekerja dengan alat input
yang disebut mouse, dengan memerintahkan kursor disekitar layar; menekan
tombol di mouse mengirimkan perintah-perintah ke program. Mouse adalah bagian penting dari
jalur komputer Macintosh dari Apple.
Alat penghubung dari mesin ini menonjolkan objek-objek di layar yang disebut
icon; menempatkan kursor pada suatu icon dan menekan tombol di mouse untuk
memilih item, yaitu menghasilkan perintah yang ditandai dengan icon. Tipe
alat penghubung ini disebut object-oriented (objek orientasi) dan alat ini telah
meningkat dengan populer.
Peralatan output
·
Printer
laser
Alat output yang paling sesuai
untuk komputer personal adalah printer laser. Alat ini memprint secara umum
dengan resolusi 300 dpi dan menghasilkan output kualitas huruf . proses print
laser mirip dengan tekhnologi fotocopy dan prin laser ini sangat cepat jik
adibandingkan dengan tehnik alternatif untuk memeperoleh output hard-copy
dari komputer. Minis dan Mainframejuga dapat menggunakan prin laser, alat
berkecepatan tinggi ini mencetak (print) 30 sampai 40 halaman per menit;
banyak output dari komputer proses transaksi diselesaikan menggunakan print
laser. Laser menawarkan bermacam-macam ukuran dan jenis dari print dan
menghasilkan output kualitas tinggi.
·
printer
impact (Impact printer)
Printer impact yang ditemukan di banyak PC cenderung lebih
murah dibandingkan printer laser. Printer titik-matrix sebenarnya membuat
cetakan/tiruan pada kertas; palu menekan kabel melawan pita untuk mencetak
suatu karakter. Makin banyak kabel dalam matrix, semakin tinggi kualitas
cetakan karakter. Printer impact yang lainnya sebenarnya memiliki peluru
karakter seperti mesin tik. Printer impact kecepatan tinggi untuk mainframe
berkekuatan mencetak 2000 garis per menit. Untuk komputer personal, printer
impact lebih lambat dari pada printer laser, tetapi printer impact lebih murah
dibandingkan printer laser.
·
Printer
nonimpact (nonimpact printer)
Printer laser adalah printer nonimpact yang menghasilkan
satu halaman pada waktu yang sama. Ada
printer nonimpact lain yang menonjolkan keanekaragaman tekhnologi. Salah satu
tipe printer yang menyemburkan pancaran tinta pada kertas untuk membentuk
karakter. Printer nonimpact yang lain menggunakan kertas termal (yang
berkenaan dengan panas) dan menghasilakn karakter dengan memanskan titik
untuk menampilkan karakter.
Suara Output suara telah tersedia selam bertahun-tahun.
Bank terkadang menyediakan pertanyaan on-line tentang neraca rekening;
mencocokkan nomor rekening seseorang kemudian menghasilkan tanggapan audio
dari neraca rekening. Output suara digunakan intensif untuk informasi
telepon. Operator informasi mengindikasi angka yang ditampilkan pada terminal
adalah angka yang benar, dan komputer menghasilkan tanggapan suara. Operator
bebas untuk menjawab panggilan yang lain sementara pesan pertama
diputar. Grafik Pengguna komputer
personal sering menggunakan mesin mereka untuk menyiapkan presentasi. Alat output
grafik menyalakan display komputer kedalam output presentasi. Alat sederhana
yang digunakan adalah plotter; plotter menggambar teks dan gambar pada kertas
atau transparansi untuk presentasi. Untuk menghasilkan 35mm tampilan, alat
output mampu untuk menyalin gambar layar pada film fotografik.
RANGKUMAN
Perkembangan ilmu komputer dan
teknologi atau dikenal dengan IT, semakin maju. semenjak dirintis pertama
kali oleh Babbage sebagai bapak komputer pertama kali. dari yang berukuran
besar dan berton-ton beratnya sekarang komputer bisa dibawa kemana-mana
malahan ada yang bisa dimasukan kedalam saku mirip handpone dan bisa akses
internet. zaman terus berubah seperti proses hidup karena hiduop sendiri
adalah proses dan proses akan terus berlanjut sepanjang masa, berganti
generasi namun berkesinambungan.
Sumber:
komputer elektronik sudah
meningkatkan dengan nilai yang tidak masuk akal. Sekarang ini komputer
desktop memiliki kekuatan lebih dari pada komputer generasi pertama yang
mengisi setiap ruangan. Biaya perangkat keras komputer terus menurun sebagai
terobosan komputer dalam kelanjutan fabrikasi komponen. Pengguna telah
kelimpahan komputer yang berbeda-beda untuk dipilih. Sebagi tambahan, terdapat
bermacam-macam persediaan tekhnologi untuk input data ke komputer, untuk
menyimpan data, dan untuk menampilakn output dari mesin. Seorang menejer
harus memahami beberapa dari alternatif ini agar dapat mengevaluasi dan
memilih arsitektur IT untuk perusahaannya ketika merancang aplikasi IT yang
khusus.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar